Kamis, 09 Juli 2015

Korg Dibeli Yamaha

Korg Corporation (株式会社 コルグ Kabushiki-gaisha Korugu?) Adalah sebuah perusahaan multinasional Jepang yang memproduksi alat-alat musik elektronik, prosesor audio dan pedal gitar, peralatan rekaman, dan tuner elektronik. Di bawah nama merek Vox, mereka juga memproduksi amplifier gitar dan gitar listrik.
Kepala Kantor di Jepang.

Didirikan pada tahun 1962 di Jepang oleh Tsutomu Kato dan Tadashi Osanai, Korg awalnya dikenal sebagai Keio Gijutsu Kenkyujo Ltd "dan kemudian" Keio Electronic Laboratories (京 王 技术 研究所?) Karena kantor yang baru lahir itu terletak di dekat jalur kereta Keio di Tokyo dan Keio dapat dibentuk dengan menggabungkan huruf pertama dari Kato dan Osanai. Sebelum mendirikan perusahaan, Kato berlari klub malam. Osanai, seorang lulusan Universitas Tokyo dan akordion mencatat, rutin dilakukan di klub Kato disertai dengan irama mesin sideman Wurlitzer. Tidak puas dengan mesin ritme, Osanai meyakinkan Kato untuk membiayai usahanya untuk membangun yang lebih baik.

Produk pertama perusahaan, yang dirilis pada tahun 1963, adalah elektro-mekanis perangkat yang disebut ritme Disc Auto Rotary Ritme mesin listrik Donca matic DA-20. Nama "Donca" adalah referensi onomatopoeic untuk suara mesin ritme dibuat. Didukung oleh keberhasilan DA-20, Keio merilis versi solid-state dari mesin Rhythm, matic Donca DE-20, pada tahun 1966.

Pada tahun 1967, Kato didekati oleh Fumio Mieda, seorang insinyur yang ingin membangun keyboard. Terkesan dengan antusiasme Mieda itu, Kato memintanya untuk membangun prototipe dan 18 bulan kemudian Mieda kembali dengan organ diprogram. Keio dijual organ di bawah nama KORG, dibuat dengan menggunakan huruf pertama dari masing-masing nama pendiri ditambah "RG" dari penekanan direncanakan mereka pada produk yang ditargetkan untuk pasar organ.
miniKORG 700 (1973)
PS-3300 (1977)

Produk organ Keio itu berhasil sepanjang akhir 1960-an dan awal 1970-an, tetapi khawatir tentang persaingan dari produsen lain organ besar, Kato memutuskan untuk menggunakan teknologi untuk membangun organ keyboard untuk pasar synthesizer lalu-niche. Synthesizer yang pertama Keio, miniKORG tersebut, demikian dirilis pada tahun 1973.

Selama tahun 1970-an, garis synthesizer Korg itu dibagi menjadi instrumen untuk sistem hobi, dan besar modular mahal seperti seri PS. Pada awal '80-an, Korg bercabang ke kategori digital piano.
M1 (1988)
Triton (1999 ~ 2004)
OASYS (2005)

Korg dikreditkan dengan sejumlah inovasi dan produk tengara. "Kunci transpos" fungsi adalah ide Katoh setelah penyanyi di klubnya diperlukan pendampingan nya dimainkan dalam kunci yang lebih rendah, yang pemain piano itu tidak dicapai cukup untuk melakukan. Korg adalah perusahaan pertama yang memiliki fitur efek pada synthesizer, dan yang pertama menggunakan "sampel + sintesis" desain suara. Workstation M1, dirilis pada tahun 1988, terjual lebih dari 250.000 unit, sehingga synthesizer yang pernah laris pada waktu itu.

Pada tahun 1989, Korg direkrut tim desain dari Sirkuit Sequential sama seperti mereka dibebaskan dari tugas mereka dengan lalu-Sequential pemilik Yamaha. Yamaha Corporation telah selalu menjadi mitra utama dari Korg, memasok mereka dengan bagian-bagian sirkuit dan mekanik. Pada tahun 1987, tak lama sebelum rilis Workstation Musik M1, Yamaha memiliki saham mayoritas di saham Korg itu. Pengambilalihan perusahaan itu bersahabat, dengan Kato menyusun istilah, dan dua perusahaan terus mengembangkan lini produk secara mandiri dan bersaing di pasar. Setelah 5 tahun berikut sangat sukses, Kato punya cukup uang untuk membeli kembali sebagian besar pangsa Yamaha kembali pada tahun 1993.

Korg sejak diversifikasi ke efek digital, tuner, peralatan rekaman, perkusi tangan elektronik, dan instrumen perangkat lunak.

Pada tahun 1992, Korg diperoleh Vox (peralatan musik), maka terutama produsen amplifier gitar. Korg juga distributor eksklusif dari produk Amplifikasi Marshall di Amerika Serikat selama beberapa dekade, dengan perjanjian distribusi berakhir pada 2010.

Pada tanggal 15 Maret 2011, Tsutomo Katoh meninggal setelah pertarungan panjang dengan kanker.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar