Kamis, 09 Juli 2015

Penggunaan Sampling Dalam Pertunjukan Organ Tunggal

Penggunaan sampling dalam dunia Organ Tunggal (OT) ternyata cukup memberikan angin segar, betapa tidak suara kendang yang dulu sangat mustahil, kini bisa kita dengar dalam pertunjukan OT, tidak peduli merk keyboard apa yang digunakan oleh pemainnya.

Memang sejak OT merebak di panggung-panggung hiburan di seluruh penjuru tanah air, para pelaku dunia hiburan sering mengeluhkan kekurangan dari OT ini, terutama para pemain, yaitu tidak tersedianya suara kendang, walaupun kemudian beberapa merk keyboard sudah dilengkapi dengan suara tabla (sejenis kendang dari India) namun masih belum cukup memuaskan.

Belum lama ini (tepatnya saya kurang tahu, mungkin sekitar tahun 2010), beberapa pemain baru menyadari bahwa sebenarnya ada sebuah metode yang bisa digunakan untuk menutupi kekurangan ini, yaitu sampling (padahal sampling ini di temukan akhir tahun 60-an dan mulai populer seiring dengan merebaknya musik hip hop tahun 70-an dan electronic music dan disco awal 80-an), kok kita, maksudnya pemain OT, terlambat banget ya .. !

Namun lagi-lagi keluhan muncul karena ternyata proses pembuatan sample itu tidak sesederhana yang kita bayangkan, kendala lain tentu saja (seperti juga di bidang-bidang lain) adalah kemampuan sumber daya manusia (SDM), tentu saja pembuatan sample itu harus dikerjakan oleh musisi yang punya kemampuan sound engineering yang memadai dan diproses di laboratorium musik pula.

Akhirnya EGP, bagaimanapun the show must go on, panggung OT-pun mulai diramaikan oleh suara kendang asli (jangan tanya kualitas sample-nya ya, yang penting itu adalah suara kendang asli kok!).

Sebagai gambaran dan sekedar bahan perbandingan, saya ingin berbagi MIDI Buka Dikit Joss versi original (http://www.keyboardiz.com/?p=download&id=56156 ) yang dinyanyikan oleh Juwita Bahar (mumpung masih booming), dilengkapi suara kendang yang diolah dengan menggunakan NN-XT-nya Reason, lengkap dengan control velocity sehingga terdengar lebih manusiawi (maksudnya ada dinamikanya tidak seperti robot). Format MIDI ini adalah MP3 sehingga bisa dimainkan di keyboard yang punya fasilitas MP3 player (mis.Yamaha 910)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar